Minggu, 20 Maret 2011

Kenapa masih pakai Windows?

Ahmad Rifai, seorang pecinta Debian sekaligus founder Studio Asiah sering ngeledek, "Katanya open source? Kok masih pake Windows?". Kalo ditanya gitu, aku sering ngelak, "Sabar, nunggu Ubuntu 11.04". Loh? Kenapa harus Ubuntu 11.04? Emang kenapa Ubuntu yang sekarang? Gini, ceritanya panjang, pada dasarnya aku bener-bener jatuh cinta sama Linux, tapi ada beberapa alesan aku masih bertahan di Windows, yaitu antara lain:

1. User Interface
Harus kuakui kalo User Interface Gnome tidak secanggih Windows 7. Satu hal yang aku suka di windows dan tidak ada di Gnome adalah taskbar baru di Windows 7. Dengan taskbar ini, aku jarang banget kehabisan slot ditaskbar, soalnya program yang muncul di taskbar bentuknya icon-icon aja, tanpa embel-embel label yang ngabisin tempat. Contohnya ada di skrinsut dbawah ini. Windows 7 punya taskbar efisien dan juga enak dipandang.Coba bandingin sama GNOME, baru empat program aja yang dibuka, udah rasanya penuh. Biarpun bisa banyak desktop, tapi tetep aja, aku lebih sreg di Windows.


2. Windows Asli
Hehe, alesan lainnya adalah karena Windows-ku asli, 64-bit lagi. Dulu dapet paketan waktu beli Laptop. Padahal Laptopnya refurbished dan harganya dibawah rata-rata (cuma 3 jutaan). Selain dapet Windows 7 Home Premium asli, dapet Ms Office asli juga, bukan trial. Manteb bener. Kalo update-update Windows ga lagi dicurigain Windows bajakan, hehe. Aku bebas donlot theme-theme baru di situsnya Microsoft. Bisa nginstal IE 9 juga, biarpun ga pernah dipake, pokonya Firefox tetep namber wan lah. Selain itu kalo buat web bisa langsung ngetes di IE, pake IETester, ga tau di Linux bisa apa ga.

Sebenernya itu aja sih alesannya. Alesan yang cukup simpel untuk sementara bertahan di Windows, hehe. Kabar baiknya, untuk permasalahan UI, mulai versi 11.04, Ubuntu menggunakan Unity sebagai UI resminya, menggantikan tampilan GNOME lamanya. Unity menawarkan UI modern yang jauh lebih canggih daripada UI Gnome sekarang. Salah satu fitur Unity adalah Unity Launcher yang mirip-mirip Taskbar di Windows atau Mac, bentuk icon-icon gitu, tapi ada disamping kiri layar. Aku belum pernah nyoba sih, takut salah ngomong, pokonya dividionya keliatan keren, hehe.

Unity Launcher Introduction from Canonical Design on Vimeo.


Sebenernya Unity sudah dikenalkan dahulu pada Ubuntu Netbook Edition, tapi baru kali diterapkan secara default pada Desktop Editionnya. Bahkan Ubuntu bakal menghilangkan versi netbook edition pada versi Ubuntu ini. Selain itu banyak perubahan Unity yang cukup signifikan pada release ini. Berita-berita terbaru soal Unity bisa diikuti di OMG! Ubuntu. Aku udah subscribe ke RSS-nya looo. Hehe.

Selain itu, ada juga GNOME 3 Shell, tampilannya sangat berbeda dari GNOME sebelumnya. Yang ini juga aku belum pernah nyoba, tapi dari videonya kliatannya sangat potensial. Kalo diperhatiin sih mirip-mirip UI-nya iPad. Yang unik dari GNOME 3 Shell ini adalah dihilangkannya tombol minimize dan maximize. Tampilannya masih kedap-kedip gitu soalnya masih belum selesai developmentnya. Rencananya sih tanggal 6 April bakal rilis stabil.



Ohya, karena kecintaanku pada Linux, sebenernya Windowsku juga rasa Linux lo. Untuk penjelasannya, bakal aku bahas di artikel lain. Sabar aja ya, hehe.

Pokonya aku nunggu sampe Ubuntu 11.04 keluar dulu, nyoba Unity ato GNOME 3, baru pindahan deh. Moga-moga aja bisa betah pake UI baru. Amin.

4 komentar:

Science | Lifestyle mengatakan...

dan yang terpenting saya ga bisa pake yang lain selain windows >.< hehe , ikut istirahat disini ya mas :)

icha mengatakan...

q dah beralih ke linux...dan lebih mengasikkan.

YOGYAKARTA mengatakan...

wow this really good blog content

Teak Wood mengatakan...

orang kita emang pinter2 soal komputer coy..